Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman

Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman terdiri dari 1 Kabag dan 3 Kasubag, dengan rincian sebagai berikut:

1.  Kepala Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
Kepala Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman mempunyai tugas pokok membantu Kepala Biro Bina Infrastruktur dan Sumber Daya Alam dalam merencanakan perumusan kebijakan, melaksanakan koordinasi, monitoring serta pengendalian pelaksanaan program dankegiatan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pertanahan, serta Sub Bagian Perumusan Kebijakan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  • Menyusun rencana operasional di lingkungan Bagian Bina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman berdasarkan program kerja Biro Bina Infrastruktur dan Sumber Daya Alam serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  • Mendistribusikan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Bina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;
  • Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Bina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  • Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan BagianBina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;
  • Merencanakan pelaksanaan  pengkajian bahan Perumusan Kebijakan bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumusan  Kebijakan  Pertanahan, Perumusan  Kebijakan  Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman ;
  • Merencanakan pelaksanaankoordinasi, pembinaan, evaluasi dan pengendalian pelaksanaan Kebijakan  bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumusan  Kebijakan  Pertanahan, Perumusan  Kebijakan  Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
  • Merencanakan pelaksanaan fasilitasi Perumusan Kebijakan  bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumusan  Kebijakan  Pertanahan, Perumusan  Kebijakan  Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan BagianBina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;
  • Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Bina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

2.  Kepala Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
Kepala Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dalam penyusunan bahan perumusan kebijakan, melaksanakan pembinaan, pengawasan, koordinasi serta evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang.
Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  • Merencanakan kegiatan Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang berdasarkan rencana operasional Bagian Bina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang;
  • Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  • Menyusun bahan koordinasi, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan bidang  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;   
  • Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi penyusunan bahan kebijakan bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  • Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  • Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

3. Kepala Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan

Kepala Sub Bagian Perumusan Kebijakan Pertanahan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dalam penyusunan bahan perumusan kebijakan, melaksanakan pembinaan, pengawasan, koordinasi serta evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  • Merencanakan kegiatan Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan berdasarkan rencana operasional Bagian Bina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan;
  • Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  • Menyusun bahan koordinasi, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan bidang Pertanahan;   
  • Melaksanakan Koordinasi Tahapan Persiapan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum berdasarkan  Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan;
  • Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan penetapan lokasi urusan Pertanahan;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaaan  penyelenggaraan urusan Pertanahan;
  • Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  • Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Perumusan  Kebijakan  Pertanahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

4.  Kepala Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. 
Kepala Sub Bagian Perumusan Kebijakan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Bina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dalam penyusunan bahan perumusan kebijakan, melaksanakan pembinaan, pengawasan, koordinasi serta evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman.
Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

  • Merencanakan kegiatan Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman berdasarkan rencana operasional Bagian Bina Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Perumusan Kebijakan  Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman;
  • Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;
  • Menyusun bahan koordinasi, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;   
  • Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman;
  • Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;
  • Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Perumusan Kebijakan Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan 
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.