Gubernur Tinjau Rencana Pembangunan Asrama Haji Banten

Gubernur Tinjau Rencana Pembangunan Asrama Haji Banten

“Insyaa Allah, kali ini akan bisa segera terealisasi, baik dari Kab Tangerang maupun dari Kemenag sudah berkoordinasi dengan baik. Tinggal nanti dari sisi bangunan terutama yang berkaitan dengan zona penerbangan ataupun runway bandara."

 

Demikian diungkap Gubernur saat meninjau lahan yang akan digunakan untuk pembangunan asrama Haji Provinsi Banten di Sepatan Kabupaten Tangerang  (Kamis, 21/11/2019). Turut mendampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

 

Gubernur  menjelaskan jika penyediaan Asrama Haji di Banten sudah menjadi kebutuhan mendesak.  Jamaah haji dari Provinsi Banten terus meningkat. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dari jamaah haji asal Jakarta dan Lampung.

 

"Jamaah haji asal Banten yang berangkat tahun ini saja mencapai 9.420 orang," tegasnya.

 

Ditambahkan, jika pembangunan Asrama Haji di Banten selesai tentunya akan mempermudah  keberangkatan jamaah haji asal Banten. Mengingat saat ini keberangkatan haji sudah banyak yang menggunakan Bandara Soekarno Hatta.

 

Gubernur berharap jika dampak dari pembangunan asrama haji Banten ini selain akan banyak menghemat waktu dan tenaga, juga  akan mengangkat perekonomian daerah tersebut dan penyerapan tenaga kerja yang banyak.

 

"Jika sudah fix semuanya, tinggal nanti Pemprov Banten akan membangun berbagai infrastruktur penunjangnya, baik jalan, jembatan maupun fasilitas lainnya", pungkas Gubernur.

 

Pada kesempatan itu Gubernur mendapatkan penjelasan dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar terkait lahan yang akan digunakan pembangunan Asrama Haji Banten ini. Luasan lahan mencapai 5 hektar serta berdekatan dengan Bandara Soekarno Hatta.

 

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 40 Miliar untuk membangun proyek asrama haji yang diarahkan berlokasi di Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang ini. Saat ini Pemkab Tangerang telah menyediakan lahan berupa hibah untuk digunakan asrama Haji berikut berbagai area penunjang lainnya.

Sumber:https://www.bantenprov.go.id